Headline News

  • Kuliah lapangan tematik program studi Ekonomi Pembangunan 2016 "Mengenal Kawasan Industri" akan dilaksanakan di Semarang, pada tanggal 3 Mei 2016

  • Kepada mahasiswa yang sudah melakukan kegiatan magang pada smt genap TA 2014/2015 harap mengumpulkan laporan kegiatan magang selambat-lambatnya tanggal 10 Juni 2015 jam 14.00WIB di TU EP

  • Kepada Mahasiswa angkatan 2010 harap diperhatikan waktu studi Saudara tinggal 3 (tiga) semester, silakan dicek kembali mata kuliah yang belum diambil dan susun strategi agar selesai sebelum batas

  • Kuliah Lapangan Tematik 2015 “Mengenal isyu-isyu terkini Pembangunan Daerah Kabupaten Wonosobo” dilaksanakan tanggal 26-27 Mei 2015


Web Statistic

  • Today Visitor : 1
  • Total Visitor : 52633
  • Total Hits : 131929
  • User Online : 1

 

Tentang Kami

    Ilmu Ekonomi merupakan satu-satunya ilmu sosial yang pada setiap tahunnya menempatkan tokoh tertentu untuk mendapat hadiah Nobel. Penghargaan tinggi tersebut berkenaan dengan sumbangannya pada pencapaian kemakmuran masyarakat. Ilmu Ekonomi semakin menarik untuk dipelajari terutama  dengan diberlakukannya kawasan perdagangan bebas antar negara (AFTA, ACFTA, APEC, dll), maupun perdagangan bebas dunia (WTO). Pembangunan ekonomi yang sedang dilakukan negara-negara berkembang juga telah menempatkan Ilmu Ekonomi mengambil peran dalam perumusan kebijakan-kebijakan untuk mencapai tingkat kemakmuran masyarakat yang lebih tinggi. Ilmu Ekonomi juga digunakan sebagai dasar telaah dalam proses demokrasi ekonomi melalui pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.

    Pogram studi  Ekonomi  Pembangunan 
Program Studi EKONOMI PEMBANGUNAN Jususan Ilmu Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta pada awal berdirinya tahun 1993 disebut Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP), sejak tahun 2003 sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi disebut Ekonomi Pembangunan (EP).
Program Studi Ekonomi Pembangunan mengajak lulusan SLTA dan yang sederajad untuk menjadi Sarjana Ekonomi (ekonom) yang handal dalam menganalisis masalah-masalah mikro ekonomi dan makro ekonomi, serta mempunyai kemampuan sebagai pengambil keputusan dari beberapa alternatif solusi.
   
    Kompetensi  Lulusan
Konsentrasi : Ekonomi Mineral
Mahasiswa dididik agar mempunyai kemampuan untuk menganalisis aspek-aspek ekonomi dari sumberdaya alam (khususnya sumberdaya mineral), seperti masalah dampak lingkungan, manajemen sumber daya mineral, dan kebijakan di bidang sumber daya mineral.
Peluang kerja: instansi pemerintah di bidang pengelolaan sumber daya alam, perusahaan pertambangan, serta analisis investasi industri pertambangan.

Konsentrasi : Keuangan dan Perbankan
Mahasiswa dididik agar mempunyai kemampuan menganalisis aspek-aspek moneter dari suatu perekonomian, perbankan, keuangan pemerintah, dan pasar modal.
Peluang kerja: instansi pemerintah di bidang pengelolaan keuangan, bank dan lembaga keuangan non bank, analis pasar modal, serta sebagai konsultan keuangan.

Konsentrasi : Perencanaan dan Pembangunan Daerah
Mahasiswa dididik agar mempunyai kemampua menganalisis aspek-aspek ekonomi dari pembangunan suatu kawasan (daerah), pembiayaan pembangunan, kebijakan sektoral, monitoring, dan dampak lingkungan. Peluang kerja: instansi penerintah di bidang perencanaan dan pengelolaan pembangunan, konsultan dan peneliti.